Saturday, July 15, 2006

my second cerpen

DEJAVU

Oleh : NiMaifa

“Uhh, ternyata capek juga jalannya “ ujarku sambil mengambil tissu dalam tasku untuk mengeringkan keringatku yang udah seperti air sungai yang mengalir. “ ya ampun, dee. Kita ini baru jalan lima menit tapi kamu udah keringat ngalahin tukang becak yang udah kerja seharian “ tia terus berjalan sambil menertawakan aku. Memang aku juga yang kelewatan masak baru aja jalan lima menit udah capeknya udah kayak orang bolak balik naik gunung merapi. Sekarang kita lagi mo pergi ke pelabuhan tanjung mas, biasa pulang kampung. Maklum dari jogja kalo langsung ke kalimantan Cuma ada pesawat sedangkan kita, gak mampu buat bayar tiket pesawat yang sama dengan jajan sebulan dijogja. “lets go girl, kok segini aja udah capek ntar kita ngak kebagian tempat lagi” dengar kata ngak kebagian, kita pun langsung semangat lagi maklum aja, biasanya tempat yang agak elit Cuma dikit, yang lainnya kelas ekonomi jeblok semua.
Tapi what happen aya’ naon ? kapal yang mo kita naiki kok gak ada. Yang ada Cuma kapal pesiar yang bagus banget. Kok bisa kapalnya nyasar, apa kapalnya langsung nyampe ke laut selatan trus ada pelabuhan baru di parangkritis. Mungkin ngak sih? Kok kapalnya jadi berubah bagus banget. Atau mungkin kemarin kapalnya lagi dalam kepompong yang jelek dan sekarang udah berubah jadi kupu kupu alias jadi kapal yang lebih bagus.
“wah, kalo kayak gini kapalnya seminggu juga mau deh dikapal”. Komentar siti yang dari tadi melongo sambil ngak berkedip natap kapal itu. “bener ini kapalnya yang akan berangkat hari ini. Atau kita emang naik kapal ini tapi di dek bawah” vita mulai mengeluarkan keragu – raguannya. Kita masih dalam keadaan separoh sadar, dea malah nyubit sikutnya takut kalo dia masih ngelindur. Apa yang terjadi dengan kapal marina yang biasa kita naiki. Ngak tau apa yang ada diotak kita masing. Semuanya masih ngak jelas, masih blur.
Tiba tiba ada suara orang berbicara pakai pengeras suara.”silahkan semua penumpang naik, kapal ini akan segera diberangkatkan. Kapal ini akan berlayar keliling dunia dan untuk seluruh penumpang yang naik tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis” . mendengar kata gratis tiba tiba disekelingku jadi rame banget dan temenku yang lain juga ikut ikutan berebut pengen berangkat. Aku masih dalam keadaan absurd, bingung, ragu , ngak percaya, seneng, pokoknya campur aduk ngak jelas.
Lalu aku merasa masih ada yang tetap berdiri diam disampingku.” Tunggu dulu ,dee. Aku masih ragu untuk naik dan sepertinya aku ngak akan naik. Aku akan menunggu saja, kamu juga kan dee”. Diana menatapku, dan aku masih belum bisa jawab.” Dee, aku merasa ada yang akan terjadi. Aku merasa ini terlalu ngak mungkin. Mungkin memang kelihatannya begitu menyenangkan begitu menakjubkan bahkan luar biasa. Tapi bukannya segala sesuatunya yang terjadi di dunia ini ada hukum sebab akibat. Atau setidaknya pasti ada tujuannya. Kalo dipikir pake otak yang lagi waras, mana mungkin ada yang memberi tumpangan di kapal mewah gratis lagi. Becak aja ngak mau ngasih tumpangan gratis”. “ pokoknya aku, gak ikut” diana balik badannya sambil mengangkat barang – barangnya. “tunggu di, aku ikut kamu aja. Lagian aku masih mau pulang kok. Jadi mendingan nunggu kapal marina dateng. Aku bukan mo jalan jalan”. Akhirnya aku ikut pilihan diana.” Hai, teman teman kalian mo ikut aku pulang gak. Kalo mo pulang cepetan turun. Kapal yang mo bawa kita pulang bukan kapal ini. Ayo cepetan turun”. Aku mencoba memanggil temen temen ku yang lain.
Tapi apa yang terjadi kenapa suara ku tak mereka dengar jaraknya masih dekat. Aku coba teriak lagi tapi tetep saja mereka masih sibuk dengan dirinya masing masing. “ sudahlah dee, biarin aja. Udah ayo kita pergi “. Diana menarik tanganku mengajak pergi. Baru selangkah kaki ku bergerak tiba tiba aku merasa aneh. Dan ketika aku menoleh kebelakang, ya tuhan apa yang terjadi. Dari mana pusaran air itu datangnya. “ tia, vita siti, ayo cepetan turun kapalnya mo tenggelam “. Aku berteriak sekuat tenaga, diana pun mulai memanggil temen temen ku yang lainya. Tapi sekali lagi aku merasa heran, apa yang terjadi tuhan apa mereka benar benar sudah tudak mendengarkan aku lagi. Aku sudah kehabisan napas ketika pusaran air itu sudah mulai menelan sebagian tubuh kapal. “ tolong, temen saya tenggelam”. Aku mulai panik. Diana hanya bisa menangis. “ tolong, tolong temen saya “.
***

“dee, bangun. “
“ mo tidur ampe kapan, sana sholat subuh dulu. Makanya kalo mo tidur baca doa dulu biar gak diganggu setan. Mimpi apa sih ampe pake acara minta tolong segala?”.tanya diana dengan segelas air yang disodorkan kepadaku.
“syukurlah hanya mimpi....” jawabku singkat.
Mimpi itu aku alami ketika pertama kali aku datang ke kota pelajar ini. Saat itu aku sedang masa menunggu hasil tes ujian masuk salah satu universitas terkemuka dikota ini. Dan jurusan yang aku ambil kedokteran. Aku begitu yakin dengan jawaban yang kutulis waktu ujian. Maklum aja ini ujian yang ketiga kali aku ikuti. Ujian pertama dan kedua aku telah gagal. Tapi aku masih terus maju pantang menyerah. Saking yakinnya aku, tak pernah muncul keinginan untuk mendaftar diuniversitas lain atau jurusan lain. Aku yakin sekarang aku pasti lulus. Pengumumannya tinggal tiga hari lagi.
Sekarang aku tinggal diasrama dari tempatku berasal. Semua teman - temanku yang baru saja datang dari daerahku biasanya tinggal disini. Biasanya sebelum dapet tempat kos. Dan semua teman - temanku itu ada dalam mimpiku semalam. Kira kira tanda apa yang akan terjadi, semoga aja bukan pertanda buruk.
***
“kak opi, jadi dee ga boleh tinggal diasrama”
“bukannya gak boleh, de. Tapi karena kamar yang ada terbatas jadi kalian gak bisa terus tinggal disini. Mungkin nanti akan diadakan seleksi siapa yang akan tinggal diasrama”
“emang ada yang diprioritaskan buat tinggal disini, kak?”
“asrama ini terbuka untuk siapa saja yang berasal dari kalimantan barat. Tapi karena keterbatasan kamar jadi yang bisa menetap disini hanya beberapa orang. Tapi kalian tetep boleh kok main kesini, ato mo nginap disini”
Penjelasan kak opi terus terang bikin kita sedih, tapi harus bagaimana lagi.
Hari ini 3 orang temen ku udah pindah, katanya ngontrak bareng. Besok fitri,yuyun, kak long , dan weni juga akan pindah. Sekarang tinggal aku, trias dan diana. Dan diana juga akan pindah 2 minggu lagi. Sedih rasanya kehilangan mereka. Tapi tenang aja, sekrang jaman udah modern ada hp buat menghubungi kalo kangen atau mo jalan bareng.
Akhirnya aku juga keluar dari asrama, trias belum pindah. Aku memilih kos dekat kampusku. Sebenarnya aku ingin menetap tinggal di asrama tapi karena letak kampus dan asrama berjauhan terpaksa aku pindah.
“trias, diana, kita tetep temenan kan walo sekarang kita tinggal berjauhan. Mungkin nanti kita tidak bisa bertemu sesering sekarang lagi.”
“tenang aja ntar kalo aku mo ngajak kamu jalan ntar aku sms dan harus mau ya!”
Begitulah janji kami ketika pertama kali keluar dari asrama.
***
Dua tahun berlalu sejak dee keluar dari asrama. Banyak hal yang telah terjadi terutama pada diri dee. Dulu jilbab ini terulur panjang kedada dan baju kebesaran selalu dee pake. Tapi sekarang udah beda. dee udah tau pergi kesalon merawat diri. Dan sekarang jilbab itu entah kemana, dan semua isi lemari dee udah berubah. Gak ada lagi baju kebesaran atau baju kurung. Semuanya udah dee sumbangin ma orang. Sekarang berganti dengan baju kecil kecil ukuran triple s sehingga kalo dipake kelihatan begitu melekat dibadan.
“diana, kira kira kalian seperti apa sekarang. Apakah juga telah berubah seperti ku sekarang. Maafin dee , semua ini dee lakukan karena tuntutan pergaulan. Ajakan teman begitu menggiurkan”
Dalam kesendirian, dee masih sering menoleh kebelakang. Melihat masa lalu dan mencoba bercermin dari masa lalu. Tapi mengapa semua begitu berbeda. Seperti jauh api dari panggang. Begitu berbeda. Dulu dee berharap dee akan menjadi dokter setelah lulus dee kembali ke kalimantan untuk mengabdi ke masyarakat. Tapi kenyataan yang terjadi jauh berbeda. Tiga kali dee udah mencoba ikut ujian masuk kedokteran tapi gagal. Udah pake joki yang kata orang dijamin bisa lulus, tapi ga juga. Dee udah puasa senin kamis, dee juga udah sholat malam dan sholat hajat. Tapi apa yang terjadi sekarang dee terdampar disebuah kampus kecil yang tidak terkenal sama sekali. Gedungnya aja lebih mirip kos – kos an dari pada sebuah kampus. Dee udah putus asa, dee udah ga percaya ma tuhan. Kenapa tuhan begitu tega melakukan ini sama dee. Padahal dee udah percaya banget kalo tuhan akan memenuhi keinginan dee. Sekarang udah 2 tahun dee kuliah disini satu semester lagi dee lulus kuliah, setelah itu dee gak tahu lagi kemana harus pergi. Tapi sekarang dee udah punya kerjaan sampingan dengan gaji yang lumayan memuaskan. Sekarang dee jadi SPG pameran pada sebuah merek mobil yang ternama. Dulu dee agak risih memang ketika pertama kali keluar rumah ga pake jilbab. Tapi sekarang udah ga lagi malah dee udah berani pake pakaian yang minim bahannya. Semua ini dee lakukan sebenarnya bukan karena uang, tapi dee demi kesenangan semata. Dee ngerasa bahagia dengan keadaan dee sekarang sampai suatu hari....
“dee, ini benar dee..?” tiba tiba ada yang menepuk pundakku dari belakang. Seorang gadis dengan jilbab lebarnya berdiri tepat dudepanku. Dia begitu cantik walo tanpa polesan make up
“iya, ini dee. Mbak siapa ya..?” aku pura pura lupa dengan siapa aku bicara. Aku gak akan mengingata masa lalu ku lagi.
“masyaallah, dee. Ini aku diana. Masa lupa sih..? pangling ya sekarang aku udah pake jilbab. Eh ga enak dee ngomong dijalan kita ngomong sambil makan aja ya..”
Aku belum menjawab ketika tangan dian udah menarik tanganku kesebuah warung makan yang ada di sebarang jalan.
“dee, kamu banyak berubah dalam 2 tahun ini. Kamu terlihat jauh berbeda dengan dee yang dulu. Maaf, dee . Jilbabmu kemana?”
Aku tau wajah diana heran ketika bertanya seperti itu.
Mulutku beku. Aku tak bisa bicara
“uups, maaf kalo aku nanyanya lancang. Eh ngomong ngomong apa kabar mu ?”
“baik, di”
“trus kamu kuliah dimana sih sebenarnya. Sejak keluar asrama dulu kok kayak hilang ditelan bumi. Kemana aja,dee?”
“aku gak kuliah kok. Sekarang aku udah kerja. Aku sedang banyak kerjaan jadi gak sempat lagi main keasrama. Gimana kabar anak – anak yang lain ? masih sering ketemu?”
Suasana udah mulai mencair setelah diana tidak lagi menanyakan soal jilbabku. Terus terang aku sebenarnya juga kangen ma diana.
“ semua nya baik baik aja. Biasanya 1 bulan sekali kita ngumpul di asrama. Eh..tau ga kalo kak opi udah jadi artis. Kak opi udah mengeluarkan album nasyid yang pertama. Lagunya bagus bagus lho. Udah pernah denger?”
Aduh di, kamu kok belum menyadari kalo sahabatmu yang ada didepanmu sekarang beda banget dengan yang dulu. Jangankan mendengarkan lagu nasyid buat sholat aja aku sering lupa.
“belum, di. Mungkin nanti aku akan beli albumnya. Ntar sampein salamku buat kak opi. Diana, aku mo pergi dulu ada janji ma temen. Kira kira kapan kita bisa ketemu lagi. Aku masih kangen nih...”
“ini nomor hp ku. Kalo kamu butuh aku hubungi saja aku ke nomor itu. Ntar aku dateng deh buat ketemu kamu.?”
“aku pulang dulu,di”
***
Dee masih tetap menjadi dee. Hanya sekarang telah jauh dari tuhan. Kadang ada kerinduan untuk kembali, tapi seperti lupa jalan untuk kembali. Terlalu banyak labirin yang harus dilalui untuk kembali. Dan dee memilih jika harus tersesat kembali, maka biarlah semuanya seperti ini. Mungkin ini memang takdir yang harus dijalani. Dulu biarlah lah dulu, yang harus dihadapi hari esok. Dee tidak pernah tau akan bertuhan pada siapa. Mungkin hanya nafsu yang selalu diikuti, atau mungkin saja itu telah berubah menjadi tuhannya. Dan dee juga sering menyalahkan temen temennya dulu yang telah menjadi lebih baik saat ini. Mereka egois, lupa untuk membantunya. Padahal dee pernah berharap jika nanti ia lupa jalan pulang ia akan ada temen yang menarik tangannya dan mengajak kembali. Tapi sudahlah.... life must go on.
Pertemuan diana saat itu memang lumayan meninggalkan bekas dihati dee. Lihatlah....kedewasaan telah ada pada temannya itu. Begitu anggun dan suci. Lalu dibandingkan dengan dirinya yang hampa. Dee sadar itu. Tapi dia hanya berharap jika suatu hari sebelum ajal memanggil ada sesorang yang akan mengembalikan ingatan pada kemuliaan. Mengenal cinta dalam arti sebenarnya. Semoga saja tuhan masih tetap mendengarkan setiap doa dee.
***
“Dee, belakangan ini apa yang terjadi. Belakangan ini kamu kok murung?”
“ kita ke mall yuk. Biasa shopping sambil cuci mata, mau yah?”
“ Dee, kamu dengerin aku gak sich...?”
Lia udah mulai kesel dengan sohibnya yang satu ini. Diajak ngomong eh malah bengong. Mendingan ngomong ma patung kali daripada dicuekin gini.
Dengusan kesalnya masih terdengar ketika aku mulai sadar, aku sekarang masih disini. Dan tetap seperti ini, dengan keadaan yang telah aku pilih sendiri.
“lia, tunggu bentar. Kita pergi ke mall yuk..!!”
“eh..non dari tadi itu aku ngomong apa. Masak ga didengerin sich.” Lia membalikkan badannya, berhenti melangkah keluar kamar.
“ dee, kamu akhir akhir ini terlalu sering melamun.?”
“jadi mo pergi gak nih. Sana cepetan ganti..!!”
aku males buat cerita ma lia. Toh dia juga ga akan ngerti. Percuma hanya buang buang energi. Mana tau dia soal tuhan. Yang dia tau hidup untuk hari ini. Maklum dia penganut ajaran muda foya foya tua kaya raya dan mati masuk surga. Gimana mo masuk surga orang ga tau jalannya.
***
Diana,
“dee, apa kabar mu sekarang sobat ?”. pertemuan singkat kita kemarin cukup rasanya menjawab pertanyaan itu. Apa yang terjadi pada sobatku. Kemana perginya ghirah –mu yang dulu sangat mengebu – gebu. Dirimu yang menunjukkan jalan terang bagi. Mengajarkanku untuk menjadi muslim sejati. Tapi sekarang dee itu kemana. Apakah waktu telah menelannya bulan bulat sampai tidak menyisakan sedikitpun untuk ku.
Dee, apapun dirimu saat ini. Seperti apapun dirimu. Kau tetaplah sahabatku yang terbaik. Aku kangen dee.
***
dee,
Mimpi ketika pertama kali aku datang kekota ini ternnyata mengandung makna yang mendalam. Memang ternyata butuh waktu lama untuk menyelami arti dari mimpi itu. Kapal adalah masa depan yang akan aku pilih. Memang semua terlihat indah dan kadang terasa terlalu gampang diraih. Tapi ternyata ada derita dan siksa yang menanti. Sekarang aku menyadari ternyata aku memang telah tenggelam dalam lautan kebohongan semu dunia.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home